Content

Tuesday, December 11, 2012

Tradisi Ma'nene Masyarakat Sulawesi selatan


Mungkin sebagian kita mengenal tradisi ini,Tradisi Ma'nene merupakan tradisi asli dari masyarakat Toraja yang tinggal di Sulawesi Selatan. Tradisi ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali sebagai bentuk penghormatan pada leluhur dan orang-orang yang telah lebih dulu meninggal dunia.
Tradisi Ma'nene dimulai dengan membongkar kuburan para leluhur atau keluarga yang telah lebih dulu meninggal. Para jenazah yang telah dikubur beberapa tahun atau ratusan tahun lalu masih dalam kondisi bagus dan utuh. Usai kuburan dibongkar, jenazah kemudian dikeluarkan dari peti dan dipakaikan baju yang baru. Usai 'mendandani' jenazah, kemudian para keluarga berbondong-bondong mengarak atau mengajak jenazah tersebut berjalan-jalan keliling kampung.
Selain sebagai upacara penghormatan pada leluhur, tradisi Ma'nene ini juga sebagai ajang berkumpul seluruh sanak saudara. Karena untuk mendandani dan mengarak jenazah leluhur, seluruh keluarga besar diharuskan berkumpul terlebih dahulu.

0 komentar:

Post a Comment

Orang baik selalu meninggalkan komentar :)

Behind The Web

About

Contact

Name

Email *

Message *

Followers

ads ads ads ads

The Flash plugin is required to view this object.

Weekly Posts

The Flash plugin is required to view this object.

The Flash plugin is required to view this object.

Subscribe me

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Pengnunjung

free counters

Popular Gallery

Something