Content

Wednesday, June 20, 2012

"BLUE MARLIN' KAPAL TONGKANG TERBESAR DI DUNIA













"BLUE MARLIN' KAPAL TONGKANG TERBESAR DUNIA


Jika hendak mengangkut 22 kapal yang masing-masing beratnya tiga ribu ton ke belahan bumi lain, tentunya akan dibutuhkan tongkang super. Maka Blue Marlin-lah jawabannya. Kapal luar biasa ini, sanggup mengangkut hingga 75 ribu ton. Kargo-kargo kecil, bukanlah barang yang biasa diangkut Blue Marlin. Kapal ini mengangkut kapal lain dan bahkan kilang minyak lepas pantai.



Seluruh dunia akan meminta bantuan Blue Marlin saat butuh pengangkut raksasa. Sebab kapal ini berukuran panjang 217 meter dan tingginya 42 meter. Deknya amat luas, sekitar dua kali lapangan sepak bola. Blue Marlin sanggup melaju hingga 13 knot yang ditenagai mesin diesel berkekuatan 17 ribu tenaga kuda. Dua puluh empat kru siap mengawal Blue Marlin. Mereka menyatakan, mengemudikan kapal ini seperti mengemudikan blok kantor terapung.



Kapal ini memecahkan rekor saat mengangkut kilang minyak untuk British Petroleum dari Okpo, Korea Selatan, menuju Corpus Christi, AS, pada 2004 lalu. Kilang senilai satu juta dolar Amerika itu beratnya hampir 60 ribu ton. Jika anda berpikir kapal yang pertama berlayar pada 1999 itu merupakan yang terbesar di dunia, tunggu saja saat pembuatnya, Dockwise, merampungkan ‘adik’ Blue Marlin. Kapal baru bernama Vanguard, akan selesai akhir tahun ini dan siap mengangkut hingga 110 ribu ton!

Gambar Lainnya :






Sumber : Koran Fesbuk

0 komentar:

Post a Comment

Orang baik selalu meninggalkan komentar :)

Behind The Web

About

Contact

Name

Email *

Message *

Followers

Archive

ads ads ads ads

The Flash plugin is required to view this object.

Weekly Posts

The Flash plugin is required to view this object.

The Flash plugin is required to view this object.

Subscribe me

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Pengnunjung

free counters

Popular Gallery

Something